10.19.2009

JF Original Furoshiki Design II

FUROSHIKI (kain pembungkus)

Kirimkan desainmu dan ikuti pertukaran Budaya Internasional

Pada tahun 2008 JF menyelenggarakan lomba desain furoshiki yang diikuti oleh para siswa seluruh Jepang. Lomba ini menghasilkan 3 desain yang telah diproduksi dan dijual pada Yokohama Triennale 2008, museum shops di Tokyo dan beberapa tempat lain yang mengundang antusiasme masyarakat di Jepang.

Kali ini JF kembali ingin menyelenggarakan lomba sejenis yang dapat diikuti siswa di universitas maupun sekolah desain di luar negeri, termasuk di Indonesia. JF berharap budaya furoshiki ini dapat membantu masyarakat di luar negeri mengenal keindahan dan kegunaan barang keseharian masyarakat Jepang ini.

Furoshiki yang telah diproduksi akan diberikan kepada kalangan VIP internasional,selebritis para stakeholder dll. Karya ini juga kelak dijual di JF shops dan tempat khusus lainnya. Hasil dari penjualannya akan digunakan untuk proyek-proyek pertukaran budaya Internasional yang ditangani oleh JF.

FUROSHIKI adalah kain pembungkus/ pembuntal yang digunakan di Jepang sejak ratusan tahun lalu. Ada pula teori yang mengatakan bahwa kebiasaan menggunakan kain pembuntal ini sudah dimulai sejak zaman Muromachi ketika Shogun Yoshimitsu Ashikaga membangun ooyudono (rumah mandi yang luas) untuk menjamu para petinggi. Para petinggi biasanya membungkus pakaian mereka dengan furoshiki yang juga bisa berfungsi sebagai tilam alas saat berganti pakaian. Kebiasaan ini terus dilanjutkan oleh masyarakat luas, terutama ketika ruang pemandian umum dibudayakan. Belakangan ini setelah masalah lingkungan muncul, furoshiki pun kembali menarik perhatian karena fungsinya yang bisa digunakan berulang kali.

Judul Lomba : JF Original Furoshiki Design II
Tema Desain : Desain merupakan perpaduan Jepang dan daerah asal desainer. 

Seluruh keterangan dan juga formulir dapat di-down load melalui www.jpf.or.id

Peserta harus mengirimkan 3 kopi dalam bentuk hasil cetak A4 (print out berwarna yang akan digunakan sebagai dasar proses pewarnaan )

Peserta juga harus mengirimkan 1 CD-R berisi Adobe Illustrator.

Pemenang akan memperoleh hadiah JPY 30,000 (termasuk pembayaran hak cipta)
Karya sudah harus sampai di the Japan Foundation, Jakarta selambatnya hari Jumat, 30 Oktober 2009 pk. 16:30Karya dikirimkan ke :
The Japan Foundation, Jakarta
Gd.Summitmas I lt. 3
Jl. Jend.Sudirman kav. 61-62
Jakarta Selatan


Karya akan kami teruskan ke :
JF Original Furoshiki Submissions, The Japan Foundation-Tokyo

Pemenang akan diumumkan awal Januari 2010 ( dapat dilihat melalui website www.jpf.go.jp / www.jpf.or.id )

Info selanjutnya dan formulir pendaftaran dapat anda unduh di sini. Silahkan klik nama file “Pedoman Kontes Furoshiki” untuk penjelasan dalam bahasa Inggris dan “Fomulir Lomba Desain Furoshiki” untuk formulir keikutsertaan.

No comments:

Post a Comment