10.25.2009

Chemical Product Design Competition 2010

Chemical Product Design Competition 2010
Innovation in Indigenous Chemical Product for a Better Earth

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sekarang berkembang dengan kecepatan yang luar biasa. Berbagai inovasi-inovasi dalam berbagai bidang keilmuan, tidak terkecuali teknik kimia, bermunculan setiap hari meninggalkan teknologi yang lama jauh di belakang. Dengan demikian, sumber daya manusia juga dituntut untuk mengikuti inovasi-inovasi ini agar dapat bersaing di era globalisasi sekarang ini.

Meningkatnya daya saing antar bangsa secara tidak langsung juga memajukan bangsa kita. Untuk menjadi bangsa yang besar dan maju, diperlukan sebuah kemampuan untuk berinovasi dan berkreasi. Kita perlu mendidik tunas-tunas bangsa untuk mampu berkreasi dan berinovasi agar mampu bersaing dengan bangsa lain. Oleh sebab itu, Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia dengan bangga mengadakan Chemical Product Design Competition kedua, yaitu Chemical Product Design Competition (CPDC) 2010 dengan tema “Innovation in Indigenous Chemical Product for a Better Earth”. Dalam konteks ini, CPDC juga turut ambil peran dengan membekali anak-anak bangsa dalam berinovasi dan berkreasi dalam produk kimia, sehingga mereka dapat survive, bahkan bersaing dalam dunia kerja bidang chemical yang dewasa ini semakin ketat.

Lomba ini ditujukan untuk seluruh universitas di Indonesia, tanpa dibatasi oleh fakultas atau kejuruan. Dalam lomba ini ingin ditekankan kemampuan mahasiswa untuk menciptakan ide-ide baru sesuai dengan batasan-batasan yang diberikan. Dalam hal ini berhubungan dengan ke-kimia-an. Diharapkan dengan lomba ini muncul berbagai ide-ide baru yang inovatif yang mampu bersaing dengan teknologi dan inovasi dari luar negeri.

Chemical Product Design Competition juga bisa manjadi ajang bagi perusahaan-perusahaan untuk memperoleh akses kepada mahasiswa-mahasiswa yang memiliki potensi besar dalam dunia kerja, terutama bibit-bibit unggul yang belum mengorbit dalam dunia kerja. Selain itu CPDC ini juga bisa menjadi sarana bagi perusahaan-perusahaan dalam menyalurkan Company Social Responsibility-nya (CSR) terutama dalam bidang akademis, yaitu berupa pembagian pengetahuan teknis (technical knowledge) seputar bidang kerjanya.

Waktu dan tempat final kompetisi cpdc 2010 :

Waktu : 13 Maret 2010

Tempat : Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Kategori Produk CPDC 2010

Chemical Product Design Competition (CPDC) 2010 adalah sebuah kompetisi perancangan desain dan ide produk kimia, dimana kontestan dituntut untuk mengembangkan kreativitas dalam mendesain konsep produk-produk kimia masing-masing.

Rancangan desain produk kimia yang diikutsertakan dalam CPDC akan melalui 3 tahap seleksi dimana pada tiap tahapan tersebut rancangan desain produk kimia akan dinilai oleh juri-juri yang berkompetensi tinggi dari perusahaan-perusahaan seputar produk kimia. Bagi kelompok yang lolos ke babak ketiga (penjurian akhir), diharuskan untuk membawa rancangan produknya baik dalam wujud prototype (barang jadi) atau dalam wujud rancangan visual.

Produk-produk yang diikutsertakan dalam CPDC ini harus berkaitan dengan tema CPDC 2010, yaitu: “Innovation in Indigenous Chemical Product for a Better Earth”. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi http://petrogasdays2010.com.

No comments:

Post a Comment